Anda Anak Langkat? Kirimkan Suara Anda ke Kami > Kirim Artikel

Daftar Isi

Mukjizat Mengibas Kasur

Sejumlah kajian menyebutkan adanya sejumlah besar binatang kecil yang tinggal di bawah lapisan kasur.
Mukjizat Mengibas Kasur

Alang.my.id - Setiap hadis Nabi saw dibuktikan kebenarannya oleh para ilmuwan. Ini membuktikan bahwa Nabi saw tidak berbicara berdasarkan hawa nafsu.

Di website CNN ada makalah berjudul "Banyak Makhluk Mikroskop Yang Mungkin Menyerang Kasurmu". Sejumlah kajian menyebutkan adanya sejumlah besar binatang kecil yang tinggal di bawah lapisan kasur. Penelitian mutakhir memperingatkan kemungkinan meningkatnya masalah serangga kasur tersebut. Hama-hama kasur ini mencari makan dari sisa-sisa darah yang kering, air liur, keringat atau kotoran-kotoran tubuh yang tertinggal.

Hama atau serangga kasur ini bisa masuk ke dalam kasur.

Laporan yang disampaikan oleh Ikatan Nasional Pengendalian Pes, di Amerika, menyebutkan kenaikan tingkat penyebaran hama kasur hingga 81 % sejak tahun 2000. 67 % dari wilayah yang terjangkit di hotel-hotel telah dilakukan penanganannya.

Para pakar mengatakan bahwa upaya memberantas hama atau serangga kasur telah berhasil selama tahun limapuluhan di abad yang lalu. Tetapi sekarang kembali menguat akibat penggunaan beragam obat modern pembasmi serangga, disamping karena banyaknya orang yang melakukan perjalanan ke Amerika.

Howard Russel, spesialis pengendalian pes di Universitas Michigan, mengatakan, "Manusia bisa hidup tanpa makanan selama beberapa pekan, tetapi serangga bisa bertahan selama satu tahun penuh tanpa makanan, dan mencari makanan dari darah".

Serangga kasur ini berkaki enam, bisa mengganggu dan menyakiti. Panjangnya tidak lebih dari seperempat inci dan mencari makan di waktu malam. Sengatannya meninggalkan tanda bekas yang mengundang untuk digaruk dan bisa mengakibatkan gatal pada sebagian orang.

Para ilmuwan mengatakan, seranga ini bisa beradaptasi dan sangat sulit dibuat lapar.

Bekas sengatan serangga ini terlihat di bagian luar kulit seperti titik kecil merah yang memicu rasa gatal. Tetapi pada sebagian orang efek sengatan itu bisa melebar beberapa cm dan terasa sakit.

Serangga ini bukan satu-satunya binatang kecil yang menyerang kasur. Ada juga ngengat yang menyebabkan gatal pada sekitar 10 % manusia. Sebagaimana bisa menimbulkan reaksi yang lebih kuat pada orang yang mengalami asma, menurut Dr Cliford Baist, ahli statistik penyakit gatal di New York.

Jika serangga-serangga berkaki delapan ini mengganggu, tidak terlalu menjijikkan, maka ngengat itu sendiri tidak menyebabkan batuk atau bersin. Tetapi menurut para pakar, "kotorannya" bisa menyebabkan batuk atau bersin.

Baist berpesan agar menggunakan sprei kasur "anti gatal" untuk mencegah masuknya ngengat ke dalam sprei atau bantal, dan mencucinya dengan air panas 130 derajat.

Photo serangga yang sangat kecil ini diambil dengan mikroskop, dibesarkan 500 kali. Serangga ini berjalan di atas kasur dan sangat menyukai kasur. Perhatikan kaki-kakinya tidak menempel di kasur sehingga mudah dibersihkan dengan mengibas kasur setiap hari dan menjemurnya di bawah sinar matahari atau mencucinya setiap pekan.

Serangga kasur ini mencari makan di atas kepala lalat.

Mukjizat Di Dalam Hadis Nabi saw.

Nabi saw mengisyaratkan fenomena ini di dalam sabdanya:

إِذَا أَوَى أَحَدُكُمْ إِلَى فِرَاشِهِ فَلْيَنْفُضْ فِرَاشَهُ بِدَاخِلَةِ إِزَارِهِ فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي مَا خَلَفَهُ عَلَيْهِ

"Apabila seseorang dari kalian hendak tidur, maka hendaklah ia mengibaskan di atas tempat tidurnya dengan kain sarungnya, karena ia tidak tahu apa yang terdapat di atas kasurnya." (Bukhari 5845)

Hadis ini mengingatkan adanya makhluk-makhluk yang tidak bisa kita lihat (dengan mata) dan tidak kita ketahui. Makhluk-makhluk ini tidak bisa dilihat di zaman dahulu tetapi Nabi saw mengingatkannya karena ingin mengajari kita salah satu kaidah kedokteran yaitu prinsip preventiv dengan mengibas kasur.

Tentu sekarang para ilmuwan menggunakan bahan sterilisasi dan berpesan agar mencuci kasur, mendinginkannya, atau menjemurnya agar terkena udara dan sinar matahari.

Di zaman dahulu Nabi saw mengajari cara yang mudah dan cocok. Nabi saw nengisyaratkan agar kita memerhatikan kebersihan kasur. Kita sekarang punya berbagai sarana midern untuk melakukan sterilisasi, membersihkan dan membasmi serangga-serangga yang mengganggu ini.

Sekalipun demikian, seorang mukmin harus mengikuti petunjuk Nabi saw dengan mengibas kasur sebelum tidur. Karena cara ini bisa menghindarkan diri dari gangguan seranga-serangga tersebut. Banyak bayi yang disengat laba-laba rumah yang beracun hingga menyebabkan kematiannya. Karena laba-laba seperti ini bersembunyi di sudut-sudut rumah dan di bawah kasur. Banyak pula orang yang terganggu oleh serangga-serangga kecil ini karena tidak memerhatikan petunjuk Nabi saw.

Kita ucapkan shalawat dan salam kepada Nabi saw yang telah mengajari umatnya, selalu menginginkan kebaikan bagi umatnya, dan berusaha menjauhkan umatnya dari segala marabahaya. Karena itu, Allah berfirman tentang Nabi saw:

لَـقَدْ جَآءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِ يْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِ يْصٌ عَلَيْكُمْ بِا لْمُؤْمِنِيْنَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

"Sungguh, telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, penyantun dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman." (QS. At-Taubah: 128)

*Penerjemah: Aunur Rafiq Saleh

Alang adalah platform media Suara Anak Langkat, berdiri sejak tahun 2022

Posting Komentar